banner 728x250

Kaesang Pangarep Memimpin Elektabilitas di Pilkada Jateng 2024: Dukungan dan Tantangan

Viahub.id
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat ditemui di kantor DPP PSI, Kamis (13/6/2024).
banner 120x600
banner 468x60

Mediasurya.com – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, muncul sebagai pemimpin dalam survei elektabilitas untuk Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024. Menurut hasil dari Lembaga Survei Indonesia (LSI), Kaesang Pangarep berhasil mencatatkan elektabilitas sebesar 15,9 persen, mengungguli pesaingnya.

Kaesang, yang dikenal karena hubungannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), diyakini mendapat dukungan signifikan dari pemilih yang puas dengan kinerja presiden saat ini. Hal ini menjadi alasan utama di balik keunggulannya di Jateng, menurut Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan.

banner 325x300

Namun, perjalanan Kaesang menuju Pilkada 2024 tidaklah mulus. Awalnya, Kaesang belum memenuhi syarat usia untuk maju, namun keputusan Mahkamah Agung (MA) yang mengubah peraturan tentang batas usia calon kepala daerah memberinya kesempatan. Menurut KA KPU, Hasyim Asy’ari, pelantikan Pilkada serentak harus dilakukan pada 1 Januari 2025.

Meski memiliki elektabilitas yang tinggi, Kaesang dihadapkan pada tantangan berat di Pilkada Jateng. Partai-partai lain seperti PDI-P telah menyiapkan kader internal mereka untuk bersaing, seperti mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, dan mantan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.

Bagi Kaesang, Pilkada Jateng 2024 bisa menjadi “karpet merah” menuju jabatan publik pertamanya. Namun, analis politik menunjukkan bahwa tantangan di Jateng lebih dapat diatasi dibandingkan dengan Jakarta, yang dianggap sebagai “kolam hiu” karena persaingan yang lebih ketat.

Dengan strategi yang tepat, Kaesang bisa memanfaatkan popularitasnya dan dukungan dari partai serta pendukung untuk mengamankan posisinya di panggung politik Jateng.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *