banner 728x250

LPPTKA BKPRMI Barito Selatan Gelar Munaqashah untuk 391 Santri

Evaluasi Santri Berprestasi: Munaqashah di Barito Selatan

Viahub.id
banner 120x600
banner 468x60

Viahub.id, Buntok – LPPTKA BKPRMI Kabupaten Barito Selatan menggelar Munaqashah atau ujian santri yang diikuti oleh 391 santri dari berbagai unit TK/TPA di Kabupaten Barito Selatan. Kegiatan ini berlangsung di Aula Masjid Agung Baiturrahman, Buntok, pada 29 dan 30 Juni 2024.

Ketua BKPRMI Kabupaten Barito Selatan, H. Iqbal Jauhari, secara resmi membuka acara tersebut dan menyampaikan bahwa Munaqashah menjadi syarat mutlak bagi santri yang akan mengikuti wisuda santri TK-TPA. Ujian ini dibagi dalam sepuluh kelompok dengan sepuluh dewan penguji dari pengurus LPPTKA-BKPRMI Kabupaten Barito Selatan.

banner 325x300

Iqbal Jauhari mengungkapkan bahwa santri yang lulus Munaqashah akan mengikuti Wisuda Akbar yang akan digelar di Gedung Jaro Pirarahan Buntok pada 8 Juli 2024. Ia berharap melalui Munaqashah ini akan lahir generasi Qurani yang berakhlakul karimah serta menjadi santri yang cerdas, hebat, dan berprestasi. Dengan adanya Munaqashah, para santri akan terbekali dasar agama yang cukup dan mampu menjadi generasi penerus Qurani yang dapat mewarnai masyarakat dengan nilai-nilai keislaman.

Direktur LPPTKA Kabupaten Barito Selatan, Agus Salim, menuturkan bahwa tujuan diadakannya Munaqashah adalah untuk mengevaluasi kemampuan para santri di setiap kecamatan dan melihat sejauh mana kualitas sistem pembelajaran Al-Qur’an di Kabupaten Barito Selatan. Selain itu, Munaqashah juga sebagai cerminan masyarakat madani yang religius dan memiliki sikap agamis dalam kehidupan sehari-hari.

Munaqashah ini menguji kemampuan baca tulis Al-Qur’an, praktik sholat, hafalan surah pendek, doa harian, dan hafalan ayat pilihan. Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan bagi para santri untuk menjadi generasi Qurani yang dapat menjadi teladan bagi masyarakat sekitar.

Dengan diadakannya Munaqashah ini, diharapkan para santri dapat meningkatkan pengetahuan agama mereka dan menjadi individu yang berakhlak mulia serta mampu berkontribusi positif bagi masyarakat dan pembangunan daerah.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *