banner 728x250

Mahasiswa UGM Laksanakan KKN di Barito Selatan

Kolaborasi Pendidikan dan Pembangunan: Menyongsong Masa Depan Desa-desa di Kalimantan Tengah

Viahub.id
Sebanyak 25 mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.
banner 120x600
banner 468x60

Viahub.id, Buntok – Sebanyak 25 mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Mahasiswa tersebut akan ditempatkan di empat desa yakni Desa Danau Ganting, Desa Baru, Desa Teluk Telaga, dan Desa Muara Talang di Kecamatan Dusun Selatan.

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan menyambut secara resmi kedatangan mahasiswa UGM tersebut dalam sebuah acara seremonial di lobi Kantor Bupati. Penyambutan ini dipimpin oleh Asisten III Setda Barito Selatan, Mirwansyah, dan dihadiri oleh sejumlah kepala dinas serta empat kepala desa tempat mahasiswa KKN akan ditempatkan. Acara ini juga ditandai dengan pemberian cenderamata dari dosen pembimbing kepada Asisten III Setda Barito Selatan serta pemberian plakat oleh Asisten III kepada dosen pembimbing KKN.

banner 325x300

Dosen pembimbing mahasiswa KKN, Bernadete Josepine Istiti Kandarina, mengungkapkan bahwa 25 mahasiswa ini akan ditempatkan di empat desa dengan masing-masing desa menerima enam mahasiswa. Bernadete menjelaskan bahwa dipilihnya Kabupaten Barito Selatan sebagai lokasi KKN karena adanya kerja sama antara pemerintah daerah setempat dengan UGM yang telah terjalin beberapa waktu lalu. Kerja sama ini kemudian diimplementasikan melalui kegiatan KKN oleh para mahasiswa.

Asisten III Setda Barito Selatan, Mirwansyah, dalam sambutannya mewakili Penjabat Bupati Barito Selatan menyatakan bahwa pemerintah daerah sangat menyambut baik kehadiran mahasiswa UGM untuk melaksanakan KKN di wilayah mereka. Diharapkan dengan kehadiran mahasiswa ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan, mencerdaskan, dan mensejahterakan masyarakat setempat. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat berperan dalam membantu pemerintah daerah dan desa mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat, seperti penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Barito Selatan.

Para mahasiswa KKN juga diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan empati masyarakat terhadap kondisi pemulihan perekonomian. Mereka diharapkan mampu menumbuhkan motivasi dan inovasi masyarakat untuk lebih maju, termasuk membantu menemukan peluang usaha yang lebih baik serta menyusun program yang dapat dilaksanakan dan disesuaikan dengan kemampuan, kondisi, dan situasi yang ada.

Dalam kesempatan tersebut, Mirwansyah berpesan kepada para mahasiswa untuk mengembangkan ilmu agar semakin kreatif dan inovatif sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi percepatan penggalian dan pemanfaatan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia pedesaan bagi kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Barito Selatan.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *